Rabu, 18 April 2012

post III



kalian pada tau nggak penyakit Obsessive Compulsive Disorder atau sering disingkat OCD. tenang aja, penyakit ini bukan tergolong penyakit serius seperti penyakit jantung ataupun penyakit lainnya kok. let’s see..

penyakit OCD adalah penyakit yang menyerang mental kita, ditandai dengan seringnya memikirkan sesuatu atau hal secara berulang-ulang juga melakukan suatu perbuatan secara berulang juga. contohnya seseorang yang selalu berpikir untuk mematikan kompor gas di rumah padahal sebenarnya dia sudah mematikannya. bisa juga pada kebiasaan seseorang yang selalu mencuci tangannya berkali-kali tapi tetap merasa tangannya masih kotor.

nah, hubungannya sama kita apa ya ?
menurut seorang pakar perilaku, situs jejaring sosial seperti facebook, twitter dan kawan-kawannya ternyata bisa membuat seseorang terkena penyakit yang tergolong penyakit kejiwaan ini lho ! udah mulai jelas berhubungan dengan kita yang punya account twitter atau facebook kan ?

gimana caranya ya ?
ternyata lagi, kebiasaan kita yang sering facebookan, walaupun hanya sekedar melihat, mengecek notification, ataupun update status, bisa membuat perasaan kita cemas dan selalu timbul keinginan untuk terus melakukannya. jika kebiasaan ini terus kita biarkan, maka otak kita akan selalu ngerasa terdorong buat selalu melakukan hal itu, yang sampe akhirnya akan mempengaruhi mental dan kebiasaan hidup kita sehari-hari.

terus, gimana mengatasinya ?
cara untuk mencegah OCD adalah dengan menenangkan pikiran kita, mengubah pola pikir dan gaya hidup.

ini adalah gambaran kecil tentang penyakit OCD. aku cuma mau share pengetahuan ini aja. hahaha
gimana ?

(diambil dari salah satu wacana dalam TO adzkia STAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar