Jumat, 18 Mei 2012

bakat itu apa ?

bakat itu apa ? bakat aku apa ?
mungkin, sebagian orang bisa dengan gampangnya tahu apa bakat yang Tuhan kasih dalam hidupnya. tapi nggak sedikit juga, orang-orang yang sampai umurnya menginjak dewasa belum tahu apa bakatnya. bahkan hingga ujung usianya.

trus, kalo kita uda tahu buat apa ?
apalagi selain belajar untuk mengembangkannya..

menurut aku, bakat adalah segala sesuatu yang pasti dipunyai setiap orang pemberian Tuhan. setiap orang pasti dikasih satu bakat yang enggak akan sama dengan orang yang lainnya. ada yang dikasih suara bagus (nyanyi), ada yang dikasih kemampuan untuk mengolah sesuatu menjadi makanan yang enak (masak), ada yang bisa main musik secara otodidak (drummer, bassist, etc) dan ada yang dikasih Tuhan kemampuan untuk menuangkan apa yang dia rasa, lihat, dan dengar dalam kehidupan sehari-harinya melalui kata-kata yang puitis, mungkin. dan masih banyak lagi bakat yang Tuhan kasih.

emang buat apa ngembangin bakat ?
bakat dikasih Tuhan pasti dengan tujuan. pernyataan itu pasti dan enggak bisa dielakkan lagi. dengan adanya bakat, kita bisa menjadi orang yang berbeda, tergantung bagaimana kita memanfaatkan bakat itu. sadar atau enggak, kita hidup di bumi yang menampung manusia yang banyak banget. penduduk Indonesia aja udah lebih dari dari dua ratus jiwa, apalagi kalau mau menghitung penduduk dunia juga. susah deh, pokoknya.

enggak mau kan menjadi manusia yang nggak bisa memanfaatkan hidup dan cuma bisa hidup apa adanya ? kalau aku, jujur aja nggak mau. aku berusaha sebisa mungkin ngeluarin apa yang ada di diri aku.


jadi kalau gitu, aku harus terus semangat untuk mengembangkan bakat kita. nggak usah perduli apapun kata orang yang cuma bisa menjatuhkan semangat kita. terus belajar supaya bakat kita bisa lebih baik dari hari-hari sebelumnya. maka suatu saat nanti aku juga yakin kalau aku bisa buat diriku sendiri bangga dengan bakat yang aku punyai.
oh iya, aku nggak akan langsung patah semangat kalau aku ngeliat ada orang yang lain yang punya bakat sama dengan aku. sampai sekarang, aku yakin kalau aku dikasih bakat nulis sama Tuhan. aku enggak akan langsung berhenti nulis hanya karena aku ngeliat banyak orang diluar sana yang tulisannya lebih bagus dari aku bahkan mereka udah jadi penulis. aku bakal jadiin mereka motivasi. jadi kalau aku melihat mereka, yang ada semangat aku makin membara #nasihatuntukdirisendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar